↓ Butuh Bantuan?? ↓

Telpon

Keliling Turki dan Shalat di Hagia Sophia

Itinerary Tour Shalat di Hagia Sophia Turki (10 Hari Perjalanan)

Hari 01 - Jakarta – Istanbul

Para jama’ah dihimbau untuk berkumpul di Bandara Internasional Soekarno Hatta Terminal 3 pukul 18.00 WIB untuk melakukan Shalat Maghrib Jama’ Isya dan Shalat Sunnah Witir. Setelah itu, jama’ah akan melakukan makan malam sambil mendengarkan briefing tentang perjalanan Shalat di Masjid Hagia Sophia Istanbul - Turki bersama Tour Leader di Exclusive Lounge Bandara Seokarno Hatta Terminal 3.

Saat jama’ah melakukan briefing dan makan malam, tim handling akan melakukan check in dengan membawa koper besar jama’ah ke counter maskapai.

Jama’ah akan melakukan penerbangan menuju Istanbul (direct flight) menggunakan maskapai Turkish Airlines (TK 57) pukul 21.00 WIB (durasi penerbangan kurang lebih 12 jam).

Hari 02 : Istanbul – Shalat di Masjid Hagia Sophia

In Sha ALLAH, jama’ah akan tiba di Bandara Internasional Ataturk (Istanbul) pukul 05.00 waktu Istanbul. Lalu, jama’ah akan melakukan Shalat Subuh di Airport sebelum melalui proses imigrasi dan pengambilan bagasi kurang lebih 60 menit. Lalu, jama’ah akan dijemput oleh Tim SABA Istanbul.

Setelah itu, jama’ah akan melakukan City Tour Istanbul setelah sarapan pagi di resto lokal terdekat. Kemudian, jama’ah akan melakukan City Tour Istanbul, mengunjungi Topkapi Palace, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856).

Istana itu kini telah menjadi museum ini menyimpan berbagai barang peninggalan para Sultan Utsmaniyah. Salah satunya adalah secarik surat Sultan Alaidin Mansyursyah dari Aceh kepada Sultan Abdul Majid Khan pada tahun 1848.

Masjid ini awalnya merupakan gereja Bizantium, kemudian menjadi masjid selama Era Ottoman, lalu menjadi museum. Dan saat ini, sudah kembali dialih fungsikan menjadi Masjid yang diresmikan oleh Pemerintah Turki yaitu Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Lalu, jama’ah akan makan siang di restoran lokal.

Setelah itu, jama’ah akan mengunjungi Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed atau Sultanahmet Camii, dijuluki Blue Mosque karena ubin biru yang indah yang menghiasi dinding interior. Masjid Sultan Ahmed dibangun antara 1609 dan 1616 pada masa pemerintahan Ahmed I yang juga dimakamkan di sini.

Setelah itu, jama’ah akan mengunjungi Hippodrome Square Turki, yang merupakan simbol kejayaan Konstantinopel. Hippodrome dibangun pada sekitar tahun 200 m, oleh Kaisar Septimus Severus, ketika ia membangun kembali kota Byzantium.

Dulunya Hippodrome adalah jantung kegiatan sipil. Di Hippodrome terdapat 4 monumen yang paling menarik yaitu “Obelisk Mesir”. Bangunan ini awalnya dibangun oleh Firaun Tutmosis III (1549-1503 BC) dengan tinggi sekitar 60 meter dengan berat sekitar 800 ton.

Monumen berikutnya yaitu “Serpentine”. Sebuah patung ular tembaga terjalin tiga bentuk kolom. Kolom ini dibawa dari Kuil Apollo, yang dibawa oleh Kaisar Konstantin Agung. Monumen ketiga yaitu “Colossus” atau “Constantine Porphyrgenitus”. Monumen ini terlihat jauh lebih terkikis dan tujuan dibuatnya diperkirakan untuk menyamai Obelisk Mesir.

Monumen terakhir di daerah Hippodrome adalah “German Fountain” atau “Fountain of Kaiser Wilhelm II”. Ini adalah sebuah bangunan bersegi delapan dengan air keran sekitar yang dibangun pada tahun 1898.

Setelah melakukan City Tour Istanbul, jama’ah akan menuju restoran lokal untuk makan malam. Lalu, jama’ah akan menuju hotel Istanbul untuk check in dan beristirahat.

Hari 03 : Istanbul – Bursa – Istanbul

Jama’ah akan sarapan pagi di hotel. Kemudian, jama’ah akan melanjutkan perjalanan menuju Bursa (kurang lebih 5 jam). Sesampainya di Bursa, jama’ah akan melakukan City Tour dengan mengunjungi : Munira (Turkish delight shops), Grand Mosque, Green Mosque & Tomb, dan Pasar Sutra.

Setelah itu, jama’ah akan mengunjungi Uludag dengan menggunkan Teleferique (kereta gantung), jama’ah akan diberikan waktu bebas (free time) untuk bermain salju abadi. Lalu, jamaah akan diantar kembali ke hotel Istanbul untuk beristirahat.

Hari 04 : Istanbul – Kusadasi

Jama’ah akan sarapan pagi di hotel dan bersiap untuk check out hotel Istanbul. Lalu, jama’ah akan melanjutkan perjalanan menuju Kusadasi (perjalanan kurang lebih 5 jam). jama’ah akan makan siang serta shalat Dzuhur Jama’ Qashar Ashar di restoran lokal.

Lalu, jama’ah akan mengunjungi Kuil Artemis (Artemis Temple) merupakan kuil Yunani yang didirikan untuk Artemis, sekitar 550 SM di Efesus di bawah dinasti Achaemenid dari kekaisaran Persia. Kuil ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno.

Lalu, jama’ah akan mengunjungi Masjid Isabey, merupakan salah satu karya tertua serta paling menarik dalam sejarah seni arsitektur peninggalan Beylik Anatolia pada tahun 1374.

Setelah itu, jama’ah akan menuju hotel Kusadasi untuk check in, makan malam dan beristirahat.

Hari 05 : Kusadasi – Pamukkale

Jama’ah akan sarapan pagi di hotel dan bersiap untuk check out hotel Kusadasi. Lalu, jama’ah bersiap untuk melanjutkan wisata mengunjungi Ephesus Ancient City, merupakan reruntuhan sisa-sisa dari sebuah kota kuno, namun masih sangat indah.

Jama’ah dapat melihat Celsus Library merupakan perpustakaan terbesar ketiga pada masanya dan Grand Theatre merupakan bangunan yang digunakan untuk tempat pertunjukan seni dan pementasan drama serta menjadi balai pertemuan dan adu gladiator dengan binatang khas dinasti Romawi.

Setelah itu, jama’ah akan mengunjungi Leather Factory Outlet (Pabrik Kulit). Lalu, jama’ah akan jama’ah akan makan siang serta shalat Dzuhur Jama’ Qashar Ashar di restoran lokal.

Kemudian, jama’ah akan melanjutkan perjalanan menuju Pamukkale (perjalanan kurang lebih 3 jam). Pamukkale yang artinya Benteng Kapas merupakan sebuah situs alam di Propinsi Denizli di Turki. Kota ini berisi air panas dan travertine.

Jama’ah akan mengunjungi Hierapolis Ancient City (reruntuhan kota Hierapolis). Hierapolis merupakan salah satu kota terbesar di Pamukkale, dibelakang kota ini terdapat keindahan pemandian kuno yang konon menjadi tempat pemandian favorit Cleopatra Ratu Mesir yang merupakan istri dari Julius Caesar.

Setelah itu, jama’ah akan menuju hotel Pamukkale untuk check in, makan malam dan beristirahat.

Hari 06 : Pamukkale – Konya – Cappadocia

Jama’ah akan sarapan pagi di hotel dan bersiap untuk check out hotel Pamukkale. Jama’ah melanjutkan wisata menuju Konya (perjalanan kurang lebih 7 jam). Jama’ah akan makan siang, shalat Dzuhur Jama’ Qashar Ashar di restoran lokal Konya.

Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju Cappadocia, jama’ah akan mengunjungi Museum Mevlana, ini adalah tempat tinggal dan juga makam Jalaluddin Rumi, seorang tokoh sufi Islam yang mengajarkan bahwa segala hal di dunia adalah jelmaan Tuhan. Jalaluddin Rumi juga seorang tokoh yang menginspirasi terciptanya Whirling Dervishes, tarian sufi yang juga lazim dikenal sebagai ritual sema.

Kemudian, jama’ah akan melihat Sultanhani Caravansaray, salah satu karavan terbesar di dunia, Sultanhani Caravansaray dibuat pada masa Seljuk sebagai akomodasi bagi orang-orang dengan menyediakan tempat tinggal dan konsumsi secara cuma-cuma (gratis).

Sultanhani dibangun antara tahun 1228 hingga 1229 atas permintaan dari Sultan Aladdin Keykubat I, menjadi contoh arsitektur dan seni dekorasi yang luar biasa pada periode Seljuk.

Setelah itu, jama’ah akan menuju hotel Cappadocia untuk check in, makan malam dan beristirahat.

Hari 07 : Cappadocia (Hot Air Balloon)

Jama’ah akan dibangunkan (morning call) dini hari, karena akan berwisata dengan Balon Udara (optional) sambil menyaksikan matahari terbit, dari atas balon udara jama’ah akan disuguhkan dengan bentang lukisan alam kota Cappadocia yang sangat indah.

Setelah itu, jama’ah melanjutkan wisata dengan mengunjungi Kota Bawah Tanah merupakan kota bawah tanah terbesar di dunia yang ditemukan selama proyek restorasi Benteng Nevsehir.

Kemudian, jama’ah akan mengunjungi Goreme Open Air Museum adalah tempat yang paling populer di Goreme. Tempat ini sebenarnya adalah kompleks gereja dan biara yang berasal abad ke 11.

Gereja-gereja yang ada di kompleks ini dibangun dari bukit bebatuan lunak khas Cappadocia. Gereja-gereja ini tidak lagi berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi sebagai museum.

Kemudian, jama’ah akan berkunjung ke Kota Avanos yang terkenal dengan kerajinan Pottery atau tembikar yang bahannya diambil langsung dari tanah liat sungai Kizilirmak atau Red River yang mengalir sepanjang kota Avanos. Lalu, jama’ah akan makan siang serta shalat Dzuhur Jama’ Qashar Ashar di restoran lokal.

Setelah itu, jama’ah akan melihat cara pembuatan karpet. Lalu, jama’ah akan mengunjungi Uchisar valley serta Pigeon valley dan melihat cara pembuatan tembikar. Setelah itu, kembali menuju hotel Cappadocia untuk makan malam dan beristirahat.

Hari 08 : Cappadocia – Ankara

Jama’ah akan sarapan pagi di hotel dan bersiap untuk check out hotel Cappadocia. Lalu, jama’ah akan bersiap menuju Ankara (perjalanan kurang lebih 5 jam).

Jama’ah akan mengunjungi Danau Asin, danau Garam paling asin di dunia. Sepanjang mata memandang yang terlihat adalah hamparan garam yang berwarna putih dan keras seperti tanah saat diinjak karena kadar garamnya yang tinggi.

Kemudian, jama’ah akan makan siang serta shalat Dzuhur Jama’ Qashar Ashar di restoran lokal.

Setelah itu, jama’ah akan mengunjungi Atatürk Mausoleum, merupakan Makam Mustafa Kemal Atatürk (pendiri dan presiden pertama Republik Turki) dan juga sebagai hasil dari gaya arsitektur yang disebut Gerakan Arsitektur Nasional Kedua. Kemudian, jama’ah akan menuju hotel Ankara untuk check in, makan malam dan beristirahat.

Hari 09 : Ankara – Istanbul

Jama’ah akan sarapan pagi di hotel dan bersiap untuk check out hotel Ankara. Lalu, jama’ah akan menuju Istanbul (perjalanan kurang lebih 4 jam). Lalu, jama’ah akan menikmati kota Istanbul dengan menggunakan Bosphorus Cruise (kurang lebih 1 jam).

Setelah itu, mengunjungi Spice Bazaar dan Grand Bazaar untuk berbelanja. Lalu, jama’ah akan mengunjungi Masjid Sulaiman atau Suleymaniye Mosque adalah masjid terbesar di kota; butuh 7 tahun untuk membangun dan selesai pada 1557. Jama’ah akan melakukan Shalat Dzuhur Jama’ Qashar Ashar di Masjid Sulaiman.

Lalu, jama’ah akan mengunjungi Rustem Pasa Kulliyesi untuk melakukan Shalat Maghrib Jama’ Isya’ dan Sunnah Witir.

Rustem Pasa Kulliyesi merupakan masjid Istanbul yang paling indah serta memiliki menara tunggal dan kubah pusat; awalnya dibangun pada 1560; berdiri di Distrik Eminonu. Rustem Pasa Kulliyesi merupakan proyek pertama arsitek Utsmaniyah Mimar Sinan.

Lalu, akan makan malam di resto lokal terdekat.

Setelah itu, jama’ah akan menuju Bandara Internasional Atatürk (Istanbul) untuk melakukan penerbangan menuju Jakarta.

Hari 10 : Istanbul – Jakarta

Jama’ah akan melakukan penerbangan menuju Jakarta (direct flight) menggunakan maskapai Turkish Airlines (TK 56) pukul 02.20 dini hari waktu Istanbul (durasi penerbangan kurang lebih 10 jam 40 menit).

In Sha ALLAH jama’ah akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 18.00 WIB. Jama’ah akan melalui proses imigrasi dan dijemput oleh staff Handling Airport untuk pengambilan bagasi kurang lebih 60 menit.

Para jama’ah In Sha Allah akan tiba di tanah air dengan selamat, maka semua rangkaian Wisata Syariah Shalat di Masjid Hagia Sophia Istanbul - Turki bersama SABA Tours & Travel telah selesai.

Seluruh Staff SABA Tours & Travel mengucapkan Jazakumullah Khairan Katsir atas kepercayaan Bapak/Ibu dalam melaksanakan wisata syariah bersama kami, dan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan selama kami mendampingi bapak dan ibu menjalankan Wisata Syariah ini.

Semoga Amal ibadah Bapak/Ibu dan kita semua diterima oleh ALLAH Subhanahu wata’ala. Aamiin Allahuma Aamiin.

Catatan

Harga sudah termasuk

  • Flight Ticket Ekonomi PP :
    • Jakarta – Istanbul
    • Istanbul - Jakarta
  • Visa Turki $ 40
  • Rapid Test di Airport Istanbul $ 35
  • Hotel :
    • Istanbul : Hilton/Ramada Alibeykoy *4
    • Kusadasi : Ada Class *4
    • Pamukkale : Ninova *4
    • Cappadocia : Suhan *5
    • Ankara : Kahya *4
  • Asuransi Perjalanan
  • Tips Tour Guide & Driver $ 50
  • Makan sehari 3x, dengan menu sebagai berikut :
    • Internasional Food
    • Chinese Food
    • Local Food
  • Air mineral sepuasnya
  • Buah-buahan segar selama perjalanan
  • Exclusive Bus (AC)
  • Tour Leader yang berpengalaman dari Indonesia, yang mendampingi Jama’ah dari keberangkatan hingga kepulangan
  • Pemandu Wisata Lokal Profesional berbahasa Indonesia, yang menjelaskan sejarah sesuai Al Qur’an dan Sunnah
  • Perlengkapan Tour
    • Koper Cabin (kecil)
    • Seragam SABA (jahit sesuai ukuran masing-masing)
    • Jilbab Ungu (Wanita) / Topi (Laki-laki)
    • Tote Bag / Tas Sandal
    • Buku Panduan Perjalanan (Itinerary)
    • ID Card & Bag Tag
  • Handling di setiap Airport
  • Exclusive Lounge di Airport Soetta Terminal 3

Harga Tidak Termasuk

  • Rapid Test / Swab Test di Airport Jakarta (dari klinik masing-masing)
  • Naik Balon Udara (optional)
  • Safari Jeep (optional)
  • Makanan dan minuman yang tidak termasuk dalam Paket Tour
  • Pengeluaran Pribadi (Termasuk Telpon hotel yang digunakan & Laundry Pribadi di hotel)

Info Cuaca

  • Musim Semi : bulan Maret sampai bulan Juni
  • Musim Panas : bulan Juni sampai bulan Agustus
  • Musim Gugur : bulan September sampai bulan November
  • Musim Dingin : bulan Desember sampai bulan Februari

Catatan

  1. Membawa Surat Keterangan Bebas Covid 19 / hasil Rapid Test yang menyatakan negatif dari Rumah Sakit/Klinik terdekat, H-1 sebelum keberangkatan.
  2. Saat melakukan Rapid Test, pastikan tidak ada gejala batuk, pilek, darah tinggi atau diabetes.
  3. Pengiriman Scan Pasport pada saat pendaftaran
  4. Kamar Hotel di Turki (Single, Double, Triple) tergantung jumlah peserta.
  5. Pendaftaran ditutup pada tanggal 01 September 2020

Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu tergantung situasi, cuaca dan kondisi setempat.


Policies

Payment Policy

Reservations should be made as early as possible to book the desired holiday. Space on a given tour will be secured upon receipt a deposit of 25% of the full price. This payment will be 50% during the Christmas and New Year holidays and on packages including airfare. This deposit counts as part of your final payment. Deposits can be made by bank wire transfer or sent via Western Union or paid using a credit card (Visa or MasterCard). Payment should be received within 7 days of booking

Cancellation Policy

Ketentuan pembatalan isi di sini

Karang Tengah Raya No. 25, Lebak Bulus, Jaksel
Saba Tour & Travel
+62 812 8872 8822
www.sabatourtravel.com
Saba_Tour_Travel

Copyright © 2020 - PT Saba Khidmah Mumtazah

phone-squareenvelopebuilding-oexternal-link-squareinstagramfacebook-official